Kamis, 08 Januari 2015

TAHU BASO SEMARANG



Kalau kita berkunjung keSemarang Jawa Tengah, selain kita banyak menemukan penjual bandeng presto, kita juga banyak menemukan penjual tahu bakso, tahu bakso  . Tahu bakso ini yaitu adonan bakso yang dimasukkan ke dalam tahu kemudian digoreng, jadilah tahu bakso khas Ungaran, Semarang yang nikmat dan lezat, apalagi kalau dihidangkan hangat-hangat sebagai teman minum kopi atau teh panas.

Untuk membuat tahu bakso ini lebih mudah dan lebih sederhana dibandingkan jika kita membuat bakso itu sendiri. Kalau kita akan membuat bakso tentu saja kita harus mempunyai kemampuan atau keterampilan khusus dalam membuat bakso, dalam artian kita harus belajar dan belajar lagi untuk bisa menghasilkan bakso yang sempurna. Namun untuk membuat tahu bakso ini kita tidak memerlukan keterampilan khusus dalam membuatnya.

Seperti apakah tahu bakso khas Ungaran ini? Marilah kita praktekkan di rumah kita masing-masing, ini saya sajikan resep dan cara membuatnya

Bahan untuk membuat tahu bakso khas Ungaran  :
Tahu pong atau tahu yang dijual di pasaran dalam kondisi sudah digoreng yang dalamnya tidak padat
250 gr daging sapi digiling halus
250 gr fillet dada ayam digiling halus
100 gr tepung tapioka (kanji)
2 putih telur

Bumbu tahu bakso khas Ungaran  :
5 siung bawang putih
1 sdm bawang merah goreng
1 sdt merica butiran
1 sdt gula pasir
1 1/2 sdt garam (sesuai selera)

Cara membuat tahu bakso khas Ungaran  :
Haluskan semua bumbu tahu bakso khas Ungaran.
Siapkan wadah, masukkan daging sapi, daging ayam, dan  bumbu yang sudah dihaluskan. Uleni adonan hingga tercampur rata.
Masukkan putih telur dan tepung tapioka (kanji), uleni lagi hingga tercampur rata.
Masukkan adonan bakso ke dalam tahu pong yang sudah dibelah satu sisinya,
Sementara itu panaskan air dalam dandang.
Setelah semua adonan bakso dimasukkan ke dalam tahu dan air sudah mendidih, masukan tahu-tahu yang sudah diisi adonan bakso tersebut ke dalam dandang yang berisi air mendidih tersebut dan kukus sampai matang, kira-kira 20 menit.
Tahu bakso khas Ungaran siap dihidangkan bersama cabai sebagai teman minum kopi ataupun teh panas. Atau jika ingin nuansa lain, tahu bakso tersebut bisa digoreng, caranya, celupkan tahu bakso ke dalam telur yang sudah dikocok, kemudian digoreng sebentar.


Sedikit tips :
Dalam bumbu tahu bakso khas Ungaran tersebut saya cantumkan bawang merah goreng dan gula pasir, dua bumbu ini fungsinya sebagai pengganti penyedap rasa.
Untuk menghasilkan tahu bakso khas Ungaran yang gurih dan lebih nikmat, waktu merebus tambahkan sedikit garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan pada panci yang berisi air untuk merebus tahu bakso khas Ungaran tersebut.

KULINER DI BOGOR

MIE AYAM BANGKA " Warung Gumbira"

WARUNG GUMBIRA BOGOR ....tambah satu lagi outlet yaitu BAKMI AYAM BANGKA GUMBIRA 100% Halal , Bila para pencinta kuliner mampir tidak akan ...